Tidak Pakai Masker di Batam, Siap-Siap Kena Sanksi Kerja Sosial

BATAM – Tim Terpadu Penegakan Protokol Kesehatan kembali turun ke jalan dan menggelar razia di tengah masyarakat.

Kali ini, tim yang dikomandoi oleh Kabid Trantib Satpol PP Kota Batam, Imam Tohari, SH.MH tersebut menyisir lokasi depan Hotel Astro Pujasera A2 Penuin, Kecamatan Lubuk Baja, Kota Batam, Rabu (16/12).

Dari razia yang digelar sejak pukul 09:00 sampai 12:00 WIB itu, Tim berhasil merazia 45 warga yang tidak memakai masker di jalanan.

Kebanyakan warga yang terjaring berasal dari kalangan remaja dan dewasa.

“Kami memeriksa warga yang melintas di area kegiatan, baik yang berkendara atau pun berjalan kaki. Selanjutnya kami berikan sanksi teguran lisan/tulisan dan rapid test,” jelas Kepala Satpol PP Kota Batam, Salim.

Hasil rapid test yang diberlakukan pada 45 pelanggar prokes itu yakni, terdapat tiga warga yang memperoleh hasil Reaktif.

Ketiga warga tersebut adalah sepasang suami istri dan satu orang dewasa.

Berbeda dengan razia sebelumnya, pada kesempatan kali ini Tim Terpadu juga mulai memberlakukan sanksi kerja sosial bagi pra pelanggar.

Kerja sosial yang diberlakukan berupa membersihkan fasilitas umum dan jalan raya di sekitar lokasi.

Tim juga tak lupa membagikan sejumlah masker kepada para pelanggar, di samping menanamkan imbauan secara persuasif. Secara keseluruhan, Salim menilai razia kali ini berjalan lancar dan kondusif.

Ia menambahkan, selama bulan September sampai dengan 16 Desember 2020, telah digelar 29 kali kegiatan penegakan Perwako 49/2020 dengan jumlah pelanggar terjaring sebanyak 1830 orang.

“Kegiatan berjalan aman, lancar dan terkendali,” ujar Salim. MK-Ibr/BTN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *